Usai Ukir Sejarah Pileg, Maya Rumantir Didorong Maju Cagub Sulut. Apa Jawaban Si Kendis?

Musim PILKADA serentak sudah di depan mata. Kasak kusuk masyarakat untuk mengusung jagonya, mulai bergeliat.

Tak terkecuali di Sulawesi Utara. Boleh di kata bagi Propinsi yang dijuluki daerah Nyiur Melambai ini banjir figur dan tokoh yang ingin beradu nasib untuk maju.

Motifnya beragam, ada yang memang ingin betul-betul mengabdi, tapi ada juga yang hanya ingin cari panggung mo makan puji akan.
Nama baru yang muncul dan so babunyi beberapa hari ini adalah Maya Rumantir, yang digadang-gadang untuk maju sebagai Calon Gubernur Sulawesi Utara.

“Wah, kalau betul Si Kendis mo maju, konstilasi dan dinamika politik di Sulut akan berubah. Para tokoh yang sudah menyatakan maju, akan berhitung-hitung kembali.

Apalagi untuk mendapatkan ‘tiket’ untuk menjadi calon sangat sulit. Hanya PDI P yang bisa mencalonkan figurnya sendiri, partai yang lain harus mengotak-atik berkoalisi dan sangat tergantung di DPP. Dan ini rumit, berbiaya tinggi, “ jelas James Berty Warouw, pengamat Politik.

Menurut Ketua Lembaga Pembarantasan Korupsi ini, Si Kendis sangat mudah untuk mendapatkan tiket.

Pergaulannya luas di Pusat Kekuasaan. Saya tahu, beliau berteman akrab dengan beberapa petinggi partai besar.

Jalinan persahabatan yang beliau bina sejak lama. Dan lagi modal elektoralnya pada Pemilu kali ini sangat tinggi serta jaringan relawan dan simpatisan beliau sangat banyak dan merata sampai pelosok desa se Sulawesi Utara.

Si Kendis, begitu ia disapa, memang dalam Pemilu 2024 ini, perolehan suaranya sangat spektakuler dan catat sejarah baru Pemilihan Legislatif di Sulawesi Utara.

Pleno akhir KPU PUSAT tanggal 14 Maret 2024, Kendis Meraup 394.153, raihan suara yang tembus 27 persen dari jumlah pemilih yang hanya 1.4497.328.

Capaian ini menjadikan si Kendis mencetak hattrick 3 kali berturu – turut duduk sebagai Senator DPD / MPR RI.

“Saya yakin Ini presentase yang tertinggi di Indonesia. Atau paling tidak salah satu tertinggi.

Bagi Sulawesi Utara, perolehan suara Maya Rumantir itu sejarah baru dalam pemilihan Anggota Legislatif, dan di Pemilu ke depan sangat sulit dicapai oleh Calon Legislatif siapun,” jelas Frangklin Manitik, pemerhati masalah-masalah kemasyarakatan.

DR. Maya Rumantir , MA. Ph.D, akan maju dalam bursa pencalonan Gubernur Sulawesi Utara? Reporter SPIRIT PERANTAU, mencoba bertandang kerumahnya yang megah di Kawasan Cipete Jakarta Selatan.

Beliau tak ada di rumah; “Ibu lagi tugas ke Eropa,” jelas Satpam penjaga rumah, yang mengaku bernama Karso.

Dari keterangan yang didapat dari Karso, memang sesudah Pemilu banyak tamu dari ‘orang-orang partai’ yang datang bertamu ketemu Ibu Maya Rumantir.

Dari partai mana saja? Ya, partai-partai besar dan kecil, tandas Karso. Apakah ini terkait dengan pencalonan Ibu Maya untuk Gubernur? Wah, aku tak tahu.

Cuma sopir-sopir para tamu yang nongkrong di pos, sambil nguping saya dengar bosnya datang bertamu untuk membicarakan soal pencalonan Gubernur.

“Tapi Saya tak tak tahu untuk Gubernur Propinsi mana,” jelas Karso, perantau asal Jawa Tengah, yang katanya sudah bekerja 30 tahun di rumah Ibu Maya Rumantir.

Ketika dikonfirmasi via WA, Ike Tampoli, seorang assisten Maya Rumantir, menjawab soal pencalonan Gubernur, hanya menjawab secara diplomatis.

Ibu Maya Rumantir pergaulan sangat luas. Ia bersahabat dengan siapa saja dari berbagai kalangan. Termasuk para petinggi partai. Rumah beliau terbuka bagi siapa saja yang datang ingin bertamu.

Apakah yang dibicarakan dengan petinggi partai itu soal pencalonan Gubernur Sulut? “kami masih fokus pada pengawalan suara Ibu di KPU! Memang sudah banyak komponen masyarakat yang mendorong Ibu maju Gubernur, baik melalui surat deklarasi maupun pribadi-oribadi.

Tapi lebih bagus tanya langsung saja ke beliau. Ibu sangat sangat terbuka kok sama wartawan”.

Sebelumnya via Wa juga, SP sudah mengkorfirmasi soal ini. Jawaban beliau sangat diplomatif.

Terima kasih kalau ada yang menggadang-gadang Saya untuk maju sebagai Gubernur. Itu tandanya ada kepercayaan masyarakat.

Tapi Saya masih fokus pada panggilan tugas Saya sebagai Senator dan pengawalan suara hasil Pemilu lalu.

Ketika didesak apakah Ibu bersedia untuk maju sebagai calon? Dijawab tangkas oleh Maya Rumantir; “Kalau Anda ingin mendukung Saya, mari kita berdoa bersama agar Sulawesi Utara mendapatkan pemimpin yang Takut akan Tuhan.

Pemimpin yang diurapi. Pemimpin yang layak untuk dijadikan contoh dalam segala aspek kehidupannya, baik keteladanan berkeluarga, bersosial dan punya visi yang jelas untuk membawa masyarakat Sulawesi Utara lebih sejahtera dan berkeadilan.

Punya karakter kepribadian yang matang dan solutif atas persoalan-persoalan kemasyarakatan.”

Jadi Ibu siap untuk dicalonkan? Sekali lagi Maya Rumantir hanya menjawab; “Mari kita berdoa bersama-sama. Ok Saya masih di Eropa. Kalau sudah di Indonesia, cari waktu yang cocok kita diskusi,” tutup Si Kendis. (GELEGAR TAMBULENAS -SP)

Pos terkait